Monday 15 October 2012

Dahlan Iskan dan DPR Sepakati IPO Semen Baturaja Rp 1 Triliun

Share on :

Dahlan Iskan dan DPR Sepakati IPO Semen Baturaja Rp 1 Triliun
Jakarta - Rapat Komisi VI DPR dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan akhirnya menyetujui rencana penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) PT Semen Baturaja (Persero) sebanyak 35% dengan target Rp 1 triliun.

Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto membacakan keputusan hasil rapat dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang isinya menyetujui privatisasi Semen Baturaja dalam program tahunan privatisasi tahun 2012, dengan melepas kepemilikan saham dengan IPO maksimal 35% (saham baru), termasuk kepemilikan karyawan (MSOP).

"Pelaksanaan proses IPO mengutamakan transparansi dan akuntabilitas. Dan penunjukkan penjamin pelaksana emiten beserta profesi penunjang, distribusi saham, serta penentuan waktu, jumlah dan harga," sambung putusan yang dibacakan Airlangga di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (15/10/2012).

Di tempat yang sama, anggota Komisi VI DPR Ferrari Romawi menegaskan, masksimal IPO produsen semen plat merah ini adalah 35%. Ia juga mengaku, Semen Baturaja masuk dalam program privatisasi terakhir BUMN di tahun ini.

"Tahun ini terakhir yang lain nggak keburu," tambahnya.

Nantinya, Semen Baturaja diprediksi akan memperoleh dana segar Rp 1 triliun dari IPO ini. Sementara Menteri BUMN Dahlan iskan mengatakan, alasan IPO Semen Baturaja bukan semata untuk penambahan modal. Menurutnya, ketika Semen Baturaja telah melakukan IPO, perseroan diharapkan akan mampu tumbuh sehat dan kuat.

"IPO memang harus menambah modal, tapi itu tidak satu alasan. Itu keterbukaan, itu supaya tidak ada intervensi (pemerintah). Bukan persoalan tambahan modal, kalau itu bisa dipenuhi dengan pinjaman. Fakta bumn yang telah IPO mengalami perkembangan pesat," pungkasnya.
sumber : detik finance

Ditulis Oleh : Unknown // 20:44
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

 

Artikel :

Artikel :

Artikel :